Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pentingnya Jaga Keutuhan Ideologi Bangsa


Kota Pekalongan - Pemerintah Kota Pekalongan bersama jajaran TNI, Polri, dan pelajar mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung secara khidmat dan dipimpin oleh Dandim 0710/Pekalongan, Letkol Inf Rizky Aditya di Halaman Setda Kota Pekalongan, Selasa (1/10/2024). Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan menjadi hari peringatan nasional melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 153 Tahun 1967 dan mulai dilaksanakan sejak 1975.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang jasa para pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September (G30S) pada tahun 1965.

Dandim Rizky mengungkapkan bahwa, Peringatan  Hari Kesaktian Pancasila ini memang rutin digelar setiap tahunnya pada 1 Oktober yang bertujuan untuk mengingatkan bangsa Indonesia, bahwa Pancasila sebagai ideologi bangsa yang harus tetap dijaga dan dijunjung tinggi.

"Jadi, tidak ada hal apapun yang mampu menandingi Pancasila. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini memang harus dipegang teguh di dalam diri masyarakat,"tegasnya.

Dalam mengamalkan Pancasila sebagai ideologi bangsa, kata Dandim, tidak hanya sekedar dihafal saja, tetapi maknanya juga perlu diresapi dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pada kesempatan tersebut, Dandim juga membacakan ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2024 sebagai janji yang sungguh-sungguh dengan membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Ikrar menandakan bahwa seluruh aparat pemerintahan berjanji tetap menjaga nilai-nilai Pancasila dan tidak ada yang bisa menggantikan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia,"tukasnya. 

Posting Komentar untuk " Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pentingnya Jaga Keutuhan Ideologi Bangsa"