Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Babinsa Koramil 15/Pekuncen Bantu Penanganan Tanah Longsor di Desa Binaan

Banyumas – Akibat intensitas hujan tinggi sejak Minggu sore hingga malam hari, mengakibatkan tanah longsor di beberapa Desa wilayah Kec. Pekuncen Kab. Banyumas. Senin (09/09/2024).


Tanah longsor yang terjadi di wilayah Kecamatan Pekuncen yaitu di Desa Kranggan, Karangkemiri, Karangklesem, Cikembulan, Glempang, Tumiyang dan Cibangkong tersebut dipicu curah hujan dengan intensitas tinggi pada minggu kemarin.

Mengetahuinya hal tersebut, Danramil 15/Pekuncen Kapten Inf Susilo Prasetyo langsung memerintahkan Babinsa turun kelokasi untuk berupaya mengatasi bencana longsor di desa binaannya.

Danramil 15/Pekuncen Kapten Inf Susilo Prasetyo mengungkapkan, jika para Babinsa ditugaskan untuk membantu masyarakat melalui sasaran pembersihan material longsor sebagai dukungan penanganan bencana dengan membawa peralatan yang dibutuhkan di lokasi kejadian.

“Pengerukan material tanah longsor tersebut dilakukan secara manual dengan alat sederhana berupa cangkul,sekop dan karung. Saya menyampaikan apresiasi atas semangat kerja bakti atau gotong royong warga. Menurutnya dalam kebersamaan penanganan bencana itu dapat menjadi upaya untuk mempererat tali silaturahmi,”ungkapnya.


Dijelaskan Danramil Kapten Inf Susilo Prasetyo, jika akibat tanah longsor yang terjadi di beberapa Desa di wilayah Kec. Pekuncen tersebut telah mengakibatkan akses jalan penghubung terputus dan Ia mengimbau kepada warga agar selalu waspada terkait intensitas curah hujan yang sangat tinggi dalam beberapa hari terakhir. Danramil juga menyampaiakan  agar masyarakat tetap waspada dan segera melaporkan jika terjadi  kejadian serupa di sekitar mereka.

“Tugas TNI, khususnya Babinsa, adalah membantu mengatasi kesulitan rakyat di wilayah binaannya karenanya kami akan terus berupaya bersama seluruh personel yang ada di lokasi untuk memindahkan material longsor ini. Dan mengimbau masyarakat agar selalu waspada pada pagi, siang dan malam, mengingat intensitas hujan yang tinggi warga harus ekstra hati-hati dan waspada terhadap potensi bencana longsor,” tandasnya. (Str).

Posting Komentar untuk "Babinsa Koramil 15/Pekuncen Bantu Penanganan Tanah Longsor di Desa Binaan"