Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Aktif Babinsa Koramil 10/Sumpiuh dan Bhabinkamtibmas Dampingi Operasi Timbang Serentak

Banyumas – Dalam rangka pendampingan dan pemantauan pertumbuhan serta perkembangan kesehatan Balita di wilayah binaannya Serda Miftakhul Anwar Babinsa Selanegara, Koramil 10/Sumpiuh Kodim 0701/Banyumas Korem 071/Wijayakusuma dan Bhabinkamtibmas Desa Selanegara Bripka Bangkit melaksanakan monitoring dan pendampingan kegiatan Operasi Timbang Serentak di Pendopo Balai Desa Selanegara Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Senin (12/08/2024). 


Operasi Timbang Serentak ini bertujuan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak, mendeteksi stunting sedini mungkin, dan memberikan intervensi gizi yang tepat. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan vitamin A gratis kepada anak-anak dan memastikan ibu dan bayi dalam kondisi sehat.

Kegiatan Operasi Timbang Serentak yang diselenggarakan oleh Puskesmas Sumpiuh II dan  turut dihadiri Kades Selanegara Imam Susanto, Bidan Desa dan Bidan Puskesmas serta Tenaga Medis Puskesmas Sumpiuh II, Perangkat Desa Selanegara, Ketua TP PKK Desa Selanegara dan Pengurus, Kader Posyandu Desa Selanegara dan Ibu beserta Balita peserta Timbang Serentak.

Babinsa Serda Miftakhul Anwar mengatakan, penimbangan dan pengukuran merupakan suatu langkah awal dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak, oleh karena itu langkah pemerintah mengadakan program kegiatan ni merupakan salah satu solusi terbaik.

“Sebagai seorang Babinsa saya mendukung sepenuhnya dalam pelaksanaan Kegiatan Operasi Timbang Serentak (OTS) dan selalu berupaya memberikan pendampingan kepada petugas kesehatan di wilayah binaan, sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan Ibu dan Anak mencegah Stunting dan menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas,” ujarnya. 

Program tersebut dicanangkan, selain bertujuan mencegah anak mengalami stunting, juga memberikan edukasi dan mendeteksi secara dini masalah gizi, dengan sasaran utama ibu hamil, bayi, balita, calon pengantin, usia produktif dan lansia dengan target adalah 100% datang ke Posyandu.

Adapun Jumlah Keseluruhan Sasaran Operasi Timbang Serentak (OTS) Timbang Badan dan Pengukuran Lingkar Lengan Kiri Atas dan Kepala di Desa Selanegara sebanyak 305 Balita. Dengan rincian Posyandu Melati I  : 88 Balita, Posyandu Melati II : 58 Anak, Posyandu Melati III : 54 Balita, Posyandu Melati IV : 105.  (Str).

Posting Komentar untuk "Peran Aktif Babinsa Koramil 10/Sumpiuh dan Bhabinkamtibmas Dampingi Operasi Timbang Serentak"