Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Danramil 06/Kembaran Hadiri Verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)

Banyumas - Kapten Inf Rasto Danramil 06/Kembaran Kodim 0701/Banyumas Korem 071/Wijayakusuma menghadiri kegiatan Verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) bertempat di Aula Desa Sambeng Kulon Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Rabu (07/08/2024).


Kegiatan dihadiri oleh Camat Kembaran diwakili Ibu Titin, Kapolsek Kembaran AKP Mufti Is Efendi, SH., MH, Tim Verifikasi Kecamatan Kembaran, Kepala Puskesmas Kembaran ll Tri Lastani, SKM, Kepala Desa Sambeng Kulon Sahri Romadhon S.Sos, Babinsa Desa Sambeng Kulon Serda Agus, Babinkamtibmas Desa Sambeng Kulon Aiptu Bambang, Ketua TP PKK dan Kader Desa Sambeng Kulon, Bidan Desa Sambeng Kulon dan Perangkat Desa Sambeng Kulon.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan upaya pendekatan perilaku higienis dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Kegiatan ini sebagai upaya pemerintah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari hari.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat terdiri dari 5 Pilar yaitu berhenti buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Kapten Inf Rasto juga menyampaikan, beberapa upaya yang dilakukan oleh Pemerintah untuk meningkatkan kesehatan, salah satunya dengan STBM dan memberi pemahaman kepada kader sebagai penggerak utamanya.

“Kegiatan ini sebagai upaya pemerintah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari hari. Saya berharap masyarakat Sambeng Kulon mengerti tentang STBM, insya Allah warga sudah tidak ada yang buang air sembarangan dan termasuk buang sampah sembarangan, jika masih ada yang buang sampah sembarangan foto dan laporkan ke babinsa atau Bhabinkamtibmas agar ditindaklanjuti,” ujarnya.


Lebih lanjut pada kesempatan tersebut Babinsa masuk dalam tim, turun secara langsung dari rumah ke rumah melaksanakan pengecekan 5 Pilar yakni, Tempat Bab yang di kategorika layak, Tempat Cuci tangan yang bersabun, Tempat Olah Air minum Dan Makanan Keluarga, Tempat sampah keluarga, Tempat pengolan limbah dapur dan deterjen.

Tujuan dari adanya kampanye 5 Pilar STBM ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan membangkitkan kesadaran kepada masyarakat untuk merubah perilaku yang lebih higienis untuk mencegah penyakit berbasis lingkungan, memberdayakan hidup bersih dan sehat, meningkatkan kemampuan masyarakat, serta meningkatkan akses air minum dan sanitasi dasar yang berkesinambungan. (Str).

Posting Komentar untuk "Danramil 06/Kembaran Hadiri Verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)"