Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dandim 0701/Banyumas Hadiri Launching Gerakan Minum Susu Bagi Anak SD di Kecamatan Banyumas

Banyumas – Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama, S.T., M.Han., Menghadiri acara Launching Gerakan Minum Susu Bagi Anak Sekolah Dasar di Kecamatan Banyumas. Acara ini merupakan inisisasi dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan yang berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas. Acara ini bertempat di SDN 1 Sudagaran Jl. Gatot Subroto No.95, Desa Sudagaran, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas. Selasa (06/08/2024).


Turut hadir dalam kegiatan, Hanung Cahyo Saputro, S.STP.,M.Si ( Pj Bupati Banyumas ), Drs Djoko Wiyono, M.Si  ( Kadindik Kab.Banyumas ), dr. Widyana Grehastuti, Sp. OG., M.Si.,M.E.D (Kadinkes Kab.Banyumas), Prof Dr. Ir Ahmad Sodik (Rektor Dosen Usoed), Dr. Ir. Nasrullah,M.Sc (Dirjen PKH), Tri Melasari (Direktur PPHNak), Bambang Whep (Dekan Fakultas Peternakan Undip), Budi Guntoro (Dekan Fakultas Peternakan Undip), risman mangidi (Kepala biro umum kementan), Pujo (Irjen IV Kementan Peternakan), Agus Waryono (Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Prov.Jateng), Drs. H. Joko Wiyono MR., M.Si. (Kepala Dinas Pendidikan Kab.Banyumas), Oka Yudistira P, S.STP.,M.Si ( Camat Banyumas ), Kapten Inf P Putut Widodo ( Danramil 07/Bms ), AKP Sudiyono, SH ( Kapolsek Banyumas ), Hadi Mulyono Putro ..SE (Kades Sudagaran), Serka Satiman (Babinsa Sudagaran), Aipda Eko (Babinkamtibmas Sudagaran), Jumadi S.pd (Kepala Sekolah SDN 1 Sudagaran)

Kementan menjadikan Kabupaten Banyumas menjadi tempat uji coba pelaksanaan program susu gratis dimulai 5 Agustus hingga Desember 2024. Uji coba ini merupakan yang pertama di Indonesia. Program yang dilaksanakan di Kabupaten Banyumas ini karena terdapat Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTUHPT) baturraden yang memiliki peternakan sapi perah, sehingga memudahkan produksi dan distribusi susu.

Acara yang berlangsung di SDN 1 Sudagaran berlangsung dengan Khidmat dan meriah, kegiatan ini juga diikuti secara luring dan daring sebanyak 5.142 siswa di 36 SD Negeri/Swasta, atau MI lainnya se-Kecamatan Banyumas.

Setiap anak mendapatkan satu botol susu sebanyak 200ml, adapun susu yang digunakan adalah susu pasteurisasi, yaitu susu murni yang tidak ada tambahan gula, tambahan rasa, supaya anak-anak terbiasa minum susu sehat.

Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan konsumsi susu bagi anak-anak dalam pemenuhan gizi seimbang. Susu merupakan salah satu produk hasil peternakan yang memiliki nilai gizi tinggi. Susu memiliki kandungan nutrisi berupa protein, lemak, laktosa, kalsium, vitamin dan enzim. Kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk tubuh sehingga susu dapat dijadikan sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi tubuh.


Kesehatan dan kesejahteraan anak merupakan prioritas utama dalam pembangunan sumber daya manusia yang akan menentukan masa depan bangsa. Oleh karena itu, penting memastikan bahwa anak-anak mendapatkan asupan yang cukup dan bergizi seimbang.

Dengan gerakan minum susu ini, diharapkan masyarakat terus meningkatkan konsumsi susu agar anak-anak lebih sehat dan melahirkan generasi muda yang cerdas, unggul, dan berprestasi serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia menuju Indonesia Emas 2045. (Str).

Posting Komentar untuk "Dandim 0701/Banyumas Hadiri Launching Gerakan Minum Susu Bagi Anak SD di Kecamatan Banyumas"