Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dandim 0701/Banyumas Dampingi Danrem 071/Wijayakusuma Dalam Kegiatan Penanaman Padi Varietas Protani

 

Banyumas – Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama, S.T., M.Han., mendampingi  Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Jamaluddin, S.I.P. dalam kegiatan penanaman Padi Varietas Protani di lahan Pertanian Desa Karangjati Kec. Kemranjen Kab. Banyumas. Selasa (13/08/2024).



Penanaman padi tersebut merupakan kerja sama antara Korem 071/Wijayakusuma bersama Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto, tujuan utamanya adalah turut serta berkontribusi meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Banyumas dan sekitarnya.


Turut hadir dalam kegiatan penanaman padi Varietas Protani  Prof. Dr. Ir. Sakhidin, M.P. (Dekan Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto), Dr Agus Riyanto, S.P, M.Si, Dr.Dyah Susanti,SP.,MP,  Letkol Inf Darul Qutni, S.Ag (Kasiterrem 071/Wijayakusuma), Ka Dinas Pertanian Kab. Banyumas diwakili Ibu Ratih Damayanti,  Ketua Persit KCK Koorcab Rem 071 PD IV Diponegoro, Ny. Deli Asmita Jamaluddin, Ketua Persit KCK Cabang XVI Kodim Banyumas Ny. Diah Bagus, Forkompincam Kemranjen, Agus Supriyanto, S.E (Kades Karangjati), Mahasiswa Pertanian Unsoed, PPL Kec. Kemranjen dan para petani Desa Karangjati.



Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Jamaluddin, S.I.P. menyampaikan, kandungan protein yang tinggi, diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan masyarakat setempat.


“Tujuan dari pengembangan varietas ini adalah untuk mendukung ketahanan panagan nasional dan membantu penangan stunting, kandungan protein yang tinggi jadi sangat tepat jika dikonsumsi oleh masyarakat dan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan tentunya akan meningkatkan gizi, sehingga bisa mendukung program penanganan stunting,” 


Lebih lanjut Danrem berharap dengan adanya varietas ini dapat meningkatakan pendapatan dan kesejahteraan bagi para petani yang menanam dan varietas ini bisa berkembang tidak hanya di wilayah Korem 071/Wijayakusuma tetapi juga dapat berkembang di kabupaten lain di seluruh Indonesia.


Sementara itu Prof. Dr. Ir. Sakhidin, M.P. (Dekan Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto) mengatakan, Padi Varietas Protani mempunyai kandungan proteinyang  tinggi dan memiliki beragam keunggulan.


“Padi ini memiliki keunikan yaitu kandungan proteinnya yang tinggi, ketahanannya terhadap hama dan penyakit tanaman, profil tanaman yang pendek memberikan keunggulan tersendiri yaitu tidak berisiko rebah. Saya juga berharap, Protani dapat dikembangkan secara luas untuk membantu meningkatkan produksi pertanian dan kesejahteraan petani dan dapat mendukung program penurunan stunting,’’ungkapnya.


Padi varietas Protani diperkirakan dapat menghasilkan 9 ton per hektarnya, ketika dipanen dalam kurun waktu 3 bulan. Selesai penanaman kemudian Acara dilanjutkan dengan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat. (Str).

Posting Komentar untuk "Dandim 0701/Banyumas Dampingi Danrem 071/Wijayakusuma Dalam Kegiatan Penanaman Padi Varietas Protani"