Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Babinsa Berikan Pendampingan Dalam Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

Banyumas – Dalam rangka mendukung program pemerintah dan mendorong upaya percepatan penurunan stunting pada balita khususnya di wilayah desa binaannya, Sertu Wahyu Budiharto Babinsa Desa Paningkaban Koramil 14/Gumelar Kodim 0701/Banyumas Korem 071/Wijayakusuma melaksanakan pendampingan Kegiatan Operasi Timbang Serentak (OTS) di Desa Paningkaban Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas. Jumat (02/08/2024).


Kegiatan Intervensi Stunting Serentak yang dilaksanakan oleh Puskesmas Gumelar akan melaksanakan Operasi Timbang Serentak (OTS)  dengan Sasaran ibu hamil, bayi, balita, calon pengantin, usia produktif dan lansia dengan target adalah 100% datang ke Posyandu.

Pada kesempatan itu, Sertu Wahyu Budiharto menyampaikan bahwa kehadiran kami merupakan wujud pendampingan di setiap kegiatan kewilayahan untuk kelancaran serta tertibnya jalannya kegiatan. 

“Sebagai seorang Babinsa saya mendukung sepenuhnya dalam pelaksanaan Kegiatan Operasi Timbang Serentak (OTS) dan selalu berupaya memberikan pendampingan kepada petugas kesehatan di wilayah binaan, sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan Ibu dan Anak, mencegah Stunting, dan menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas,” ujarnya.

Setelah dilakukan penimbangan dan pengukuran, sasaran yang beresiko stunting diberikan edukasi pencegahan stunting lalu kemudian diberikan intervensi terhadap masalah gizi yang dihadapi. Di posyandu juga sudah menerapkan pemberian PMT Penyuluhan Berbasis bahan pangan lokal guna memaksimalkan upaya percepatan penurunan stunting.

Sertu Wahyu Budiharto juga meminta kepada para ibu agar rutin setiap bulan datang ke posyandu untuk melakukan penimbangan agar anaknya dapat dipantau tumbuh kembangnya.  

“Apabila berat badan anaknya tidak naik atau  turun, agar segera konsultasikan ke petugas kesehatan atau kader di posyandu. Terlebih saat ini, dimungkinkan untuk melakukan konsultasi menggunakan layanan pesan singkat daring,”pungkasnya. (Str).

Posting Komentar untuk "Babinsa Berikan Pendampingan Dalam Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting"