Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Babinsa Bersama Warga Manfaatkan Lahan Tidur Jadi Lahan Produktif

 


Kota Pekalongan - Ramai-ramai pihak Kelurahan Setono, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan berBabinsa dan warga melakukan kegiatan penanam di lahan tidur atau bengkok sebelah Kantor Kelurahan Setono, Jumat (12/7/2024).

Lahan mangkrak karena sebelumnya merupakan lahan persawahan yang dulunya tergenang namun kini sudah kering ini kembali dimanfaatkan agar menjadi lahan produktif. Berbagai jenis tanaman dan buah-buahan ditanam pihak kelurahan bersama babinsa, bhabinkamtibmas, TP PKK, mahasiswa IPB, dinperpa, dan sebagainya.

Lurah Setono, Hartini Wigatiningsih menerangkan, pagi ini pihaknya memanfaatkan lahan tidur atau bengkok yang selama ini mangkrakn dengan menanam berbagai jenis tanaman seperti durian bawor, montong, dan blacktone. Kemudian kelengkeng, jambu, dan tanaman buah sepanjang masa yakni pepaya dan pisang.

"Harapan kami tanah yang tidak produktif ini menjadi tanah yang produktif bisa dimanfaatkan dan menghasilkan. Kami ingin memberikan contoh ke masyarakat agar mau memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan bermanfaat," jelasnya. 

Disebutkan, semula lahan tidur ini ialah persawahan tergenang air dan tak surut sepanjang tahun, yang rencananya akan dibuat balai kelurahan. Namun dana belum tersedia, agar tak ditumbuhi tanaman liar maka harus ditanami banyak jenis tanaman.

"Nantinya bersama masyarakat kita dapat menikmati hasil panen, dalam waktu dekat kita bisa panen pisang, pepaya, dan jambu air," tandasnya. 

Sementara itu, Babinsa Koramil 02/Pekalongan Timur Peltu Budi Mulyoto mengungkapkan, di Setono ini banyak lahan bengkok tak produktif, di Klego juga banyak. "Dari Kelurahan Setono punya inisiatif untuk memanfaatkan lahan yang tidak produktif agar bisa menghasilkan. Hari ini Babinsa bersama dinperpa dan lainnya bersama menanam tanaman keras," katanya. 

Tanaman yang ditanam seperti durian, kelengkeng, pisang, pepaya, dan sebagainya. Darminto berharap hal ini dapat dicontoh oleh kelurahan lain yang belum memanfaatkan lahan tak produktif.

"Di Klego sudah mulai memanfaatkan lahan tidur untuk perikanan dan perkebunan. Selanjutnya hal serupa juga akan dilakukan di Kelurahan Gamer untuk memanfaatkan lahan yang dulunya terkena rob agara dimanfaatkan dan menghasilkan," tukasnya. 

Posting Komentar untuk " Babinsa Bersama Warga Manfaatkan Lahan Tidur Jadi Lahan Produktif"