Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kodim Banyumas Gelar Doa Bersama Peringati Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah

Banyumas – Memperingati tahun baru Islam 1446 Hijriyah atau 1 Muharram 2024, Kodim 0701/Banyumas menggelar pengajian dan doa bersama di Masjid As Sidiq komplek Kodim 0701/Banyumas Jl. Jenderal Soedirman No. 204 Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas, dengan mendatangkan Ketua MWC NU Kecamatan Karanglewas H Nardi, Senin (08/07/2024).


Kegiatan pengajian dan doa bersama tahun baru Islam 1446 Hijriyah ini mengangkat tema "Giat Jadikan Semangat Muharam Untuk Perubahan Yang Lebih baik Menuju Indonesia Emas 2045", yang dihadiri oleh Anggota dan PNS Jajaran Kodim 0701/Banyumas.

Bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam penanggalan Islam yang memiliki makna dan keistimewaan tersendiri bagi umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan ini, umat Islam mengingat peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Islam, termasuk peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Juga peristiwa terkenal yang terjadi pada 10 Muharram, yaitu peristiwa Asyura.

Bulan Muharram juga menjadi salah satu dari empat bulan haram atau bulan yang dimuliakan Allah SWT. Sehingga, keutamaan pada bulan Muharram harus diisi dengan amalan-amalan baik untuk meningkatkan pahala berlipat.

Dalam tausiyahnya H Nardi, menyampaikan sangatlah dianjurkan bagi umat muslim untuk meningkatkan ibadah dan amal kebaikan selama bulan ini.

Seperti Puasa Sunnah Salah satu amalan yang sangat dianjurkan adalah menjalankan puasa sunnah selama bulan Muharram, terutama puasa Asyura dan puasa Tasu’a, memperbanyak bacaan surah Al-Ikhlas sebanyak 1.000 kali merupakan amalan yang dianjurkan untuk meningkatkan keimanan dan mendapatkan pahala yang besar, Menghindari Perbuatan Buruk dan Maksiat, Memperbanyak Sedekah, Melakukan pekerjaan dengan fokus dan ikhlas juga merupakan bagian dari amalan yang mendatangkan pahala besar.

Pahala dari ibadah yang dilakukan selama bulan Muharram akan dilipatgandakan oleh Allah SWT, menjadikannya waktu yang sangat istimewa untuk memperbanyak amal ibadah.

Tidak hanya pahala yang akan dilipatgandakan selama bulan Muharram, tetapi dosa yang dilakukan pada bulan ini juga akan berlipat ganda. Ini berarti bahwa setiap dosa, sekecil apapun, akan memiliki timbangan yang lebih berat dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya, pungkasnya. (Str).

Posting Komentar untuk "Kodim Banyumas Gelar Doa Bersama Peringati Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah"