Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cegah Diskriminasi, Babinsa Koramil 14/Gumelar Berikan Sosialisasi dan Penguatan Karakter

Banyumas  - Dalam rangka MATSAMA (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah) guna menanamkan karakter sikap yang toleran, inklusif, dan moderat, Serda Kusworo Babinsa Koramil 14/Gumelar Kodim 0701/Banyumas Korem 071/Wijayakusuma, memberikan materi anti diskriminasi kepada siswa-siswi baru MTs Ma'arif NU 1 Gumelar. Bertempat di MTs Ma'arif NU 1 Gumelar, Kabupaten Banyumas. Rabu (17/07/2024).


MATSAMA (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah) adalah masa orientasi atau pengenalan lingkungan madrasah kepada siswa-siswi baru. Baik pengenalan kegiatan rutin madrasah, fasilitas madrasah, ciri khas madrasah, nilai, norma, dan tata tertib madrasah, serta karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah.

Dalam rangka menyukseskan MATSAMA (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah) Serda Kusworo Babinsa Koramil 14/Gumelar turut serta menyampaikan materi anti diskriminasi kepada para siswa-siswi baru MTs Ma'arif NU 1 Gumelar. Dalam materinya, Serda Kusworo menyampaikan bahwa kesetaraan merupakan persamaan kedudukan, persamaan tingkatan, tidak ada yang lebih tinggi dan tidak ada yang lebih rendah.

“Diskriminasi adalah sikap membeda-bedakan secara sengaja terhadap golongan-golongan yang berhubungan dengan kepentingan tertentu,” Kata Serda Kusworo mengenalkan arti diskriminasi.

Lalu Serda Kusworo menjelaskan jenis-jenis diskriminasi yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Seperti diskriminasi berdasarkan suku, ras, dan penyandang disabilitas. Dan juga diskriminasi yang biasanya terjadi di Madrasah. Seperti membeda-bedakan teman berdasarkan kaya-tidaknya, pintar-tidaknya, cantik-tidaknya, dan lain-lain.

Harapannya supaya lingkungan di Madrasah bisa bersih dari diskriminasi, dan seharusnya kita semua saling mengenal dan memahami satu-sama lain dalam perbedaan-perbedaan tersebut.” Ujarnya.

Materi yang disampaikan diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta MATSAMA, sebab konsep materi yang dibawakan secara ringan yang mudah diserap oleh para siswa. 

Pada kesempatan tersebut Kepala Madrasah Saefullah,S.Ag. mengucapkan terima kasih atas semua pembekalan yang di berikan kepada anak didiknya dan kesediaan waktu Babinsa Koramil 14/Gumelar untuk hadir dan memberikan materi anti diskriminasi.

“Semoga siswa - siswi  kami semakin paham akan arti dari diskriminasi dengan tidak membedakan satu dengan yang lain dan pentingnya saling menghargai sehingga tercipta suasana madrasah yang menyenangkan bagi semua peserta didik,”ucap Kepala Madrasah.(Str).

Posting Komentar untuk "Cegah Diskriminasi, Babinsa Koramil 14/Gumelar Berikan Sosialisasi dan Penguatan Karakter"